Wednesday, July 22, 2015

Cara Mengobati Sengatan Tawon/Lebah (Bengkak dan Nyeri)

Sengatan lebah
Sengat Lebah
Cara Mengobati Sengatan Tawon/Lebah (Bengkak dan Nyeri) - Efek yang ditimbulkan dari Sengatan Lebah atau Tawon dan sebangsanya tergantung dari daya bisa lebah/tawon itu sendiri, ada yang bengkak hingga demam dan ada juga yang hanya menimbulkan iritasi ringan, Tetap saja berbahaya.

Cara Agar Terhindar dari Sengatan Lebah
  • Hindari memakai aftershave atau parfum.
  • Hindari meminum minuman beraroma dan berasa manis. 
  • Hindari memakai pakaian berwarna cerah, warna cerah bisa menarik perhatian lebah. 
  • Tutupi makanan dengan penutup jika berada diluar ruang. Jika lebah atau tawon mendekati anda, jangan panik atau melambai-lambaikan tangan untuk mengusirnya. Duduk atau berdirilah dengan tenang dan tidak membuat gerakan tiba-tiba yang membuat lebah merasa terancam. 
  • Berhati-hatilah saat berkebun, karena di kebunlah habitat mereka. 
  • Segera lakukan penanganan medis jika timbul gejala-gejala berbahaya akibat sengatan lebah.

Langkah awal dalam mengobati sengatan lebah yaitu menghilangkan sengatnya. Caranya carilah titik hitam di area yang disengat, kemudian cabut sengat lebah menggunakan kuku atau alat bantu seperti pinset karena apabila dibiarkan menempel dalam tubuh dalam kurun waktu yang lama bisa mengakibatkan infeksi serius. Setelah Anda mencabutnya barulah melakukan hal-hal berikut:

1. Gunakan Batu Badar Besi
Badar besi adalah batu yang mengandung magnet. tempelkan batu badar besi pada bagian yang disengat lebah. biasanya batu itu akan menempel kuat dan kemudian jatuh sendiri. menurut keterangan orang yang biasa menggunakannya, batu itu terasa seperti menghisap racun saat ditempelkan pada bagian yang disengat.

2. Kompres Dengan Es Batu
Setelah melakukanpencabutan sengatan lebah , kompreskan es pada daerah yang disengat. sehingga akan membuat area tersebut menjadi mati rasa, dan sensasi nyeri akan berkurang.Kompres es juga akan mampu mengurangi terjadinya pembengkakan. Kompreslah selama 15 menit saja, dan jangan sampai 20 menit

3. Pasta Gigi
Pasta gigi mengandung zat alkalin yang dapat menetralkan keberadaan racun. Sebahagian pasta gigi juga mengandung gliserin yang dapat menarik keluar racun dari sengatan lebah. Namun, apabila muncul iritasi atau ruam setelah dioles segera cuci kulit Anda guna menghilangkan pasta gigi.

4. Pepaya
Gosokkan pepaya beberapa kali ke area sengatan lebah. karena pepaya mengandung papain yang dapat memecah protein racun sengatan. Namun juga perlu dihindari menggunakan pepaya apabila Anda mempunyai riwayat alergi terhadap lateks. Hentikan penggunaan jika terjadi ruam, kemudian bilas secara menyeluruh terhadap bagian yang telah Anda gosoki dengan papaya tersebut.

5. Baking Soda
Oleskan saja pasta baking soda pada area sengatan selama 15 sampai 20 menit. Perawatan ini bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang terjadi akibat sengatan dari lebah.

6. Minyak Atsiri ( Essential Oils )
Minyak esensial seperti juga minyak lavender dan minyak jarak dapat juga difungsikan untuk mengobati sengatan lebah dengan cara dioleskan ke area sengatan untuk mengurangi bengkak serta rasa nyeri.

7. Lidah Buaya
Caranya buatlah jus lidah buaya, kemudian oleskan bersaaam madu ke area sengatan

8. Cuka
Cara mengobati sengan lebah dengan cuka ternyata cukup sederhana, buatlah pasta dari cuka dan baking soda. Selanjutnya oleskan pasta pada daerah yang terkena sengatan kemudian biarkankan saja selama waktu yang diinginkan.

Dari pengalaman saya yang pernah tersengat, biasanya jika terlambat diobati maka efeknya akan terasa 3 harian, kemudian pembengkakan ditangan akan hilang dengan sendirinya
itulah beberpa tips dari kami untuk menyembuhkan rasa sakit ketika disengat oleh bang lebah. semoga bermanfaat.

Sumber :
http://www.anehdidunia.com/2012/03/bahaya-sengatan-lebah-cara-menghindari.html
http://peutrang.blogspot.com/2013/12/8-cara-ampuh-mengobati-gejala-sengatan.html


EmoticonEmoticon